Pendidikan Karakter Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pacet TA. 2018/2019

 

Foto bersama Pembina dan Pelatih dari Yon Armed 5 Cipanas
 
   
 

Pendidikan Penguatan Karakter atau biasa disebut Pendikar kini menjadi salah satu wacana utama dalam kebijakan nasional di bidang karakter pendidikan. Seluruh kegiatan belajar serta mengajar yang ada dalam negara Indonesia harus merujuk pada pelaksanaan Pendidikan Karakter. Ini juga termuat di dalam Naskah Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan pada tahun 2010. Dalam naskah tersebut dinyatakan yakni pendidikan karakter menjadi unsur utama dalam pencapaian visi dan misi pembangunan Nasional yang termasuk pada RPJP 2005-2025.

Pada Tahun ini SMK Negeri 1 Pacet kembali menyelenggarakan Pendikar bagi peserta didik kelas X (Sepuluh) pada Tahun Ajaran 2018-2019 dengan bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya Kesatuan Yon Armed 5/Tarik Cipanas selama ±10 hari yang terbagi dengan kegiatan Pra-Pendikar selama 5 hari kemudian berlanjut pada Pendikar inti selama 5 hari.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter peserta didik untuk selalu taat kepada Tuhan YME, disiplin dalam segala hal, bertanggungjawab, mandiri, komunikatif serta yang paling penting adalah peserta didik dapat menerapkan Pendikar tersebut dalam kehidupan sehari-hari juga sebagai modal kuat untuk peserta didik bisa tahan secara mental maupun fisik yang disesuaikan dengan pekerjaan di kompetensi keahlian masing-masing.

Peserta menyambut gembira dengan Program Pendikar ini, ditandai dengan antusiasme yang tinggi terhadap kegiatan-kegiatan yang ada dalam program Pendikar pada tahun ini. Peserta didik dibekali dengan materi keagamaan, bela negara, kerjasama, penanggulangan bencana dll.

Pada akhir kegiatan, semua peserta didik kelas X yang telah mengikuti serangkaian kegiatan Pendikar diperkenankan untuk memakai seragam Pakaian Dinas Harian (PDH) kebanggaan SMK Negeri 1 Pacet berwarna Hijau lengkap dengan atribut seperti halnya prajurit TNI yang melaksanakan tugas.

Leave a Reply