Evaluasi Implementasi Model Pembelajaran TF 6M & Pembelajaran Berbasis Industri

Jumat, 23 Oktober 2020

SMK Negeri 1 Pacet berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan evaluasi impelementasi model pembelajaran TF 6M dan pembelajaran berbasis industri dari Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, yang diketuai oleh Bapak Dr. Dadang Hidayat sekaligus sebagai pemegang lisensi TF 6M.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari pendampingan model pembelajaran TF 6M yang sudah dijalankan semenjak tahun 2018 silam. Kegiatan ini diawali dengan Pre Meeting secara online melalui aplikasi Zoom Meeting pada tanggal 19 Oktober 2020 yang membahas tentang apa saja yang sudah dilakukan dan juga berupaya untuk menggali informasi dari para pendidik mengenai kendala yang dihadapi selama penerapan model pembelajaran TF 6M di SMKN 1 Pacet. Pada pertemuan online ini dihadiri oleh 40 orang Guru SMKN 1 Pacet.

Kegiatan dilanjutkan pada hari Rabu dan hari Jumat tanggal 21 dan 23 Oktober 2020 secara luring di SMKN 1 Pacet dengan tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan. Pada sesi kedua ini, dibuatlah suatu kesepakatan antara FPTK UPI dengan SMKN 1 Pacet mengenai Kerjasama di bidang pendidikan kejuruan khususnya dalam menerapkan model pembelajaran TF 6M dan pembelajaran berbasis industri. Memorandum of Understanding ini ditandatangani bersama antara Bapak Dr. Iwa Kuntadi, M.Pd sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik UPI Bandung dan Ibu Dra. Ida Yuniati Surtika, MM selaku Kepala SMKN 1 Pacet, dan disaksikan oleh Dr. H. Dadang Hidayat, M.Pd, Dr. H. R. Aam Hamdani, MT, Dr. Amay Suherman, M.Pd, Dr. Dedy Suryadi, S.Pd., M.Pd dan Irwan Gunadi, S.Pd di depan peserta kegiatan yaitu 40 orang Guru SMKN 1 Pacet.

Paparan Kepala SMKN 1 Pacet mengenai impelemntasi TF 6M di SMKN 1 Pacet

Brainstorming implementasi TF 6M beserta kendala yang dihadapi

Forum Group Discussion terkait implementasi TF 6M

Agenda lainnya ialah para Guru diberikan kesempatan untuk menyampaikan secara utuh pengalaman yang dialami beserta kendala yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran TF 6M. Berangkat dari brainstorming yang dilakukan menambah pemahaman Guru SMKN 1 Pacet baik yang mengampu mata pelajaran kelompok C, maupun kelompok A dan kelompok B. Selain itu, wawasan bagi setiap guru dalam mengintegrasikan setiap aspek pembelajaran secara kontekstual sesuai dengan kompetensi keahlian yang ada semakin terasah.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat mempertajam Visi dan Misi SMKN 1 Pacet dalam melaksanakan tugasnya sebagai Center of Education, Environmental Culture and Production in Agriculture, Technology and Tourism. yancha

Leave a Reply